Google keep, catat segalanya dengan cepat.

Cover artApa itu google keep ?

     Google keep merupakan layanan catatan yang diciptakan oleh Google, yang dapat dimanfaatkan bagi pengguna Smartphone. Penggunanya dapat membuat catatan apapun atau membuat daftar kegiatan dan berbagi catatan kepada orang lain. Tidak hanya itu, didalamnya juga disediakan fitur – fitur seperti menyisipkan foto, rekaman suara, dan lain sebagainya.

Berikut fitur – fitur dari google keep :

  • catat apa yang anda pikirkan dalam bentuk catatan sederhana. Untuk membuat catatan bertipe text biasa, cukup pilih icon document ( dibawah tulisan Add quick note ) atau bisa langsung menulis pada kotak dialog Add quick note.
  • membuat daftar kegiatan, cukup tekan icon cecklist yang ada disebelah icon document.Berikut contoh tampilan awal yang berisi catatan – catatan dan daftar kegiatan  sederhana :

keep home

  • jika kita tidak sempat mengetik, kita bisa memanfaatkan fitur voice note, dimana kita cukup berbicara dan nantinya keep ini akan secara otomatis merekam suara kita dan mentransimikannya menjadi sebuah text.
  • menyisipkan gambar kedalam catatan atau daftar kegiatan. Caranya cukup mudah, klik saja icon camera yang ada di kanan atas, lalu kita bisa memilih apakah ingin menyisipkan poto dari gallery atau mengambil gambar terlebih dahulu dari kamera smartphone, berikut contoh tampilannya :

keep insert photo

  • pengingat waktu atau time reminder, dengan ini kita tidak perlu menghafal kegiatan atau catatan yang ingin kita lakukan pada waktu tertentu, karena si keep ini akan otomatis memberitahu kita lewat notifikasi bahwa kapan kita akan melakukan kegiatan teresbut. Notifikasi dapat berupa suara atau hanya getar saja ( sama seperti alarm seperti pada umumnya ). Kita bisa menentukan kapan kita akan diingatkan ( dapat diatur tanggal, hari, ataupun waktu kita diingatkan ). Caranya mudah sekali, cukup klik Add reminder yang ada dibawah catatan atau daftar kegiatan, lalu pilih jenis reminder ( waktu ( mengacu pada hari / tanggal, dan waktu berdasarkan jam )atau lokasi ). Berikut contoh tampilan add reminder : keep reminders
  • jika sudah tidak digunakan lagi, kita bisa menghapus catatan aatu daftar kegiatan tersebut, jadi tidak menumpuk pada halaman utama.
  • dapat dijadikan widget pada tampilan desktop smartphone, berikut contoh widget pada smartphone :keep widget
  • selain bisa dibuka pada smartphone, kita juga bisa membuka lewat situs google keep di web browser di pc atau laptop. Dimana kita cukup login ke akun google, dan google akan otomatis mensinkronisasi catatan yang ada di smartphone kita ( harus dalam satu akun yang sama ). Jadi kita juga bisa membuat catatan atau daftar kegiatan melalui pc atau laptop.

Semua fitur ini bisa dimanfaatkan oleh semua pengguna smartphone berbasis android 4.0 keatas, ini merupakan salah satu kekurangan dari google keep, dimana tidak semua tipe android bisa menikmati aplikasi ini. Hanya itu mungkin kekurangannya sampai saat ini, itu mungkin terjadi karena aplikasi ini baru diciptakan dan muncul akhir – akhir ini.

Berikut video tutorial yang diberikan oleh google keep http://www.youtube.com/watch?v=UbvkHEDvw-o&feature=player_embedded atau melihat informasi lebih lengkap dan mengunduh aplikasinya di playstore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.google.android.keep.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s