Web dan Perilaku penggunga (Interaksi manusia dan komputer / IMK ), dan Struktur Web

Web dan Perilaku penggunga (Interaksi manusia dan komputer / IMK )

 

Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) atau yang sering disebut dengan Human Computer Interaction (HCI) merupakan sebuah studi yang mempelajari tentang manusia, teknologi, dan bagaimana mereka saling berinteraksi. HCI merupakan hubungan antara manusia dengan komputer baik itu secara langsung mau pun tidak langsung. Human yang dimaksud di sini adalah seseorang atau organisasi yang terdiri dari banyak orang yang bekerja secara bersama-sama untuk tujuan atau visi tertentu. Sedangkan computer merupakan sebuah alat atau pun device seperti desktop, PC, mobile, smartphone, dan lain sebagainya yang juga bisa digunakan untuk berkomunikasi, untuk browsing internet, untuk membuat program, untuk bermain game, atau pun hal-hal lain yang bisa dilakukan oleh manusia dan mendukung kegiatan manusia tersebut. Sedangkan interaction merupakan sebuah hubungan timbal balik atau komunikasi antar komputer dan manusia baik secara langsung mau pun tidak langsung dan hubungan ini memiliki manfaat yang lebih bagi manusia itu sendiri.

Namun kali ini yang akan dibahas adalah perilaku pengguna dan web, dimana web merupakan salah satu hasil dari interaksi antara manusia dengan komputer yang sangat bermanfaat dan sedang berkembang sangat pesat saat ini.

1. Perilaku navigasi

Ada dua tipe navigasi. Yang pertama adalah yang standar, yang memberikan overview dan peta penjelajahan situs. Biasanya bisa ditemukan secara konsisten baik di bagian atas, samping atau footer. Yang kedua adalah navigasi versi advance. Jenis ini masih bertujuan memberikan alat untuk menelusuri situs, namun dengan cara lebih spesifik. Misal lewat kategori, pengarang, produsen, range harga, dan lain lain. Navigasi semacam ini sebenarnya mirip dengan fitur search namun sudah diberi antar muka yang lebih intuitif.

2. Perliaku pencarian

Fitur pencarian di dalam sebuah telah di desain sedemikian rupa dengan batasan-batasan tertentu. Ketika situs Anda tumbuh tentunya  Anda akan semakin tahu pola pemakaian oleh pengguna. Termasuk di dalamnya adalah pola pencarian dalam rangka mendapatkan pengalaman terbaik dalam pemanfaatan situs.

3. Rekomendasi Web

Web recomendation atau rekomendasi web merupakan layanan web yang merekomendasikan atau menyarankan beberapa saran kepada pengguna yang membutuhkan suatu informasi tertentu.

4. Web Merefleksikan Perilaku Sosial

Web pun dapat merefleksikan perilaki sosial masyarakatnya, dengan adanya alat pengukur banyaknya orang/ IP address yang mengakses web tersebut dapat menunjukkan bahwa web tersebut menarik perhatian masyarakat dan pastinya akan mempengaruhi sikap sosial seaeoramg contohnya seseorang yang sering mengakses situs belanja online akan mempunyai gaya hidup yang boros karena tergiur oleh harga yang lebih murah daripada conter ataupun diskon-diskon yang ada. berita online biasanya lebih cepat atau up to date dalam menyampaikan berita terbaru. Masyarakat/pembaca yang membuka web berita itu pun lebih cepat untuk mengetahui peristiwa yang baru terjadi.

5. Web Mempengaruhi Perilaku Sosial

Web sebagai salah satu bentuk teknologi dan informasi yang sangat populer di masyarakat menjadi salah satu pemicu yang mempengaruhi perilaku sosial masyarakat. ada 2 dampak yang dimbulkan yaitu :

1. Dampak positif :

  • lebih cepat dan mudah dalam meyelesaikan pekerjaan dalam hal ini berarti membantu pekerjaan manusia
  • dapat berkomunikasi dengan baik tidak peduli jarak dan waktu sehingga membuat manusia saling berinteraksi dengan mudah
  • mudah mencari informasi serta berbelanja online pun dapat dilakuka

2. Dampak negatif :

  • munculnya banyak penipu yang memanfaatkan internet
  • adanya plagiatisme
  • munculnya pencurian/hack
  • munculnya banyak konyen-konten dewasa yang seharusnya tidak dilihat anak kecil dapat merusak mental
  • bahaya kesehatan akibat radiasi yang ditimbulkan oleh komputer itu sendiri

Struktur web

 

1. Link Structure

Keuntungan struktur situs web yang dibuat dengan baik :

  • Dapat mengkomunikasikan pesan yang ingin disampaikan kepada pengunjung situs.
  • Pengguna situs web dapat dengan mudah memahami situs web.
  • Mudah untuk dikembangkan pada waktu yang akan datang, termasuk mengupdate suatu halaman situs jika diperlukan.
  • Dapat menurunkan biaya cost pengunjung situs.

Struktur Situs Web :

  • Struktur Linear
  • Struktur Grid
  • Struktur Hierarki

Struktur Linear :

  • Struktur linear murni
  • Struktur linear dengan halaman tambahan
  • Struktur linear dengan halaman pilihan
  • Struktur linear dengan halaman alternatif

2. Small – World Network

Small World Network adalah sebuah tipe grafik matematikal yang dari banyaknya simpul , namun tidak berhubungan dengan simpul yang lainnya (berbeda) , tetapi banyak nya simpul bisa menjangkau setiap simpul kecil lainnya. Khususnya, small-world network didefinisikan sebagai jaringan di mana L jarak antara dua node yang dipilih secara acak (jumlah langkah yang diperlukan) tumbuh secara proporsional dengan logaritma dari jumlah node N dalam jaringan.Dalam konteks jaringan sosial, hasil dalam fenomena small world netwok untuk orang asing (orang tak dikenal) yang dihubungkan dengan cara berinteraksi.

3. Social network sites

Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang dijalin dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dan lalin – lain.

Analisis jaringan jejaring sosial memandang hubungan sosial sebagai simpul dan ikatan. Simpul adalah aktor individu di dalam jaringan, sedangkan ikatan adalah hubungan antar aktor tersebut.

4. Blogosphere

Blogosphere adalah suatu interkoneksi antarblog yg tergabung dalam sebuah  domain dan domain tersebut tergabung dalam Internet,  Contohnya, Technorati, Top of Blogs, Blog Top Site termasuk juga dengan blog directory, sebuah blogosphere biasanya diklasifikasikan menurut jenis postingan, ada berupa blog berita, hobiis, blog yg berisi tips dan trick dll.

sumber :

http://irvanniz.blogspot.com/2014/06/web-science-3-web-dan-perilaku-pengguna.html

http://clickforgamers.blogspot.com/2013/06/web-perilaku-pengguna-interaksi-manusia.html

http://aisyahasmoro.blogspot.com/2013/06/web-dan-perilaku-pengguna-imk-web-dan.html

http://sharingilmu.web.id/interaksi-manusia-dan-komputer-imk-di-masa-lalu-masa-kini-dan-di-masa-mendatang/

 

Nama          :   Prasetyo Nugroho

NPM           :   55412692

Kelompok  :   Dedi Iskandar, Muhammad Bintang, Prasetyo Nugroho, Sintong Purba

Kelas           :   2IA02

Advertisements

One thought on “Web dan Perilaku penggunga (Interaksi manusia dan komputer / IMK ), dan Struktur Web

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s