Kasus Sistem Keamanan Komputer

Snapchat Kebobolan ( 2014 )

https://i1.wp.com/cdn.redmondpie.com/wp-content/uploads/2013/06/iOS-7-Snapchat.png

The Snappening , 500 MB Foto dan Video Pengguna Diambil Hacker

https://i2.wp.com/i.ytimg.com/vi/3x_qagwFGy0/0.jpgJakarta, CNN Indonesia — Snapsaved, layanan pihak ketiga Snapchat berhasil dibobol peretas pada akhir minggu lalu. Ada informasi yang menyebutkan ada 13 GB foto dan video diambil, namun Snapsaved mengkonfirmasi hanya sekitar 500 MB foto dan video yang dibobol.

Dikutip dari Reuters, Selasa (14/10), Snapsaved menyatakan bahwa pihaknya telah menghapus seluruh situs dan database ketika diketahui ada kesalahan pada sistem.

“Sejauh yang kami tahu, data yang diambil sebanyak 500 MB dan tidak ada informasi pribadi pengguna yang diambil,” tulis pihak Snapsaved.

Foto dan video yang berhasil diambil alih oleh peretas dipublikasikan melalui forum diskusi 4chan, tempat yang sama ketika foto bugil beberapa selebriti dunia berhasil diretas dari iCloud.

Pada Jumat minggu lalu sebuah peringatan muncul di situs ini yang mengatakan akan ada foto dan video yang kembali bocor, sebagian isinya diklaim terdapat foto bugil para pengguna Snapchat.

Dua hari setelah peringatan itu muncul, diperkirakan sekitar 13 GB konten Snapchat muncul pada sebuah pembahasan “The Snappening” dalam forum tersebut. Namun menurut beberapa pengunduh, hanya sedikit foto yang jelas terlihat dan sisanya memiliki resolusi yang rendah.

“Mungkin hanya 100 MB saja foto bugil yang terlihat jelas,” tulis salah satu pengguna.

Snapsaved merupakan sebuah situs yang memberikan layanan agar pengguna aplikasi pesan instan Snapchat dapat menyimpan gambar dan video yang mereka kirim dalam pesan.

Untuk mendapat layanan ini, pengguna harus menyerahkan username dan password mereka pada pihak Snapsaved sehingga Snapsaved.com dapat melakukan otorisasi untuk masuk kedalam server Snapchat dan menyimpan foto serta video pengguna.

https://i2.wp.com/ichef.bbci.co.uk/news/660/media/images/78186000/png/_78186422_flowchart.png

Menanggapi kasus ini, pihak Snapchat mengatakan bahwa penggunaan layanan pihak ketiga ini bukanlah hal yang direkomendasikan. Menurut mereka layanan ini telah dilarang dengan jelas pada persyaratan penggunaan aplikasi Snapchat karena dapat membahayakan keamanan pengguna.

Hingga saat ini FBI masih menyelidiki siapa pelaku dibalik peretasan ini.

Tanggapan :

Menurut saya, kita sebagai penikmat sosial media harus pintar-pintar dalam berbagi baik pengalaman, foto, video, ataupun hal pribadi lainnya, pertimbangkan dengan baik sosial media ( maupun aplikasi tambahan ) yang digunakan. Jangan terlalu berlebihan dalam ber-sosial media terutama dalam berbagi foto dan video pribadi, karena semakin berkembangnya teknologi informasi semakin berkembang pula tingkat kejahatan di bidang teknologi informasi.

Pihak penyedia layanan sosial media harus lebih meningkatkan tingkat keamanan baik pada aplikasi maupun privasi penikmat aplikasi yang disediakan.

Prasetyo Nugroho | 55412692 | 3IA02

Sumber :

http://www.cnnindonesia.com/teknologi/20141014135730-192-6293/500-mb-foto-dan-video-pengguna-diambil-hacker/

http://www.independent.co.uk/life-style/gadgets-and-tech/the-snappening-has-snapchat-been-hacked-whats-snapsaved-your-questions-answered-9790658.html

The Snappening, Ratusan Ribu Foto Snapchat Disebar Hacker

http://tekno.kompas.com/read/2014/12/29/09190067/7.Kasus.Hacking.Paling.Heboh.di.2014

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s