Komputasi Modern dan Cloud Computing

Komputasi Modern ( Modern Computing )

Komputasi mungkin bisa diartikan sebagai suatu cara pemecahan masalah perhitungan matematis dengan menggunakan suatu teori, teknik, maupun algoritma tertentu.

Komputasi bermula dengan adanya kegiatan menghitung angka-angka secara manual. Namun, seperti yang kita ketahui bahwa otak manusia itu memiliki kemampuan yang terbatas dan rawan akan kesalahan perhitungan, terutama pada perhitungan yang rumit maupun kompleks. Maka dari itulah tercipta sebuah komputasi yang disebut dengan komputasi modern. Dimana, komputasi modern adalah perhitungan yang menggunakan komputer dimana pada komputer tersebut disisipkan sejumlah algoritma yang digunakan untuk membantu menyelesaikan masalah perhitungan atau komputasi secara otomatis, efektif dan efisien. Sehingga dengan bantuan komputasi modern, manusia akan lebih terbantu dalam melakukan perhitungan matematis terhadap suatu perhitungan yang rumit maupun kompleks.

Komputasi modern menghitung dan mencari solusi dari masalah yang ada, berikut beberapa contoh perhitungan yang dapat memanfaatkan komputasi modern dalam proses perhitungannya :

  1. Akurasi (bit, Floating poin)
  2. Problem volume besar (Down sizing atau paralel)
  3. Modeling (NN dan GA)
  4. Kompleksitas (Menggunakan teori Big O)

Sejarah Singkat Komputasi Modern

Komputasi Modern pertama kali digagasi oleh John Von Neumann. Beliau di lahirkan di Budapest, ibukota Hungaria pada 28 Desember 1903 dengan nama Neumann Janos. Karya – karya yang dihasilkan adalah karya dalam bidang matematika, teori kuantum, game theory, fisika nuklir, dan ilmu komputer.

Dipicu ketertarikannya pada hidrodinamika dan kesulitan penyelesaian persamaan diferensial parsial nonlinier yang digunakan, Von Neumann kemudian beralih dalam bidang komputasi. Sebagai konsultan pada pengembangan ENIAC, dia merancang konsep arsitektur komputer yang masih dipakai sampai sekarang. Arsitektur Von Nuemann adalah komputer dengan program yang tersimpan (program dan data disimpan pada memori) dengan pengendali pusat, I/O, dan memori.

Jenis-jenis Komputasi Modern

Modern Computing terbagi tiga macam, yaitu Mobile computing, Grid computing, dan cloud computing. Penjelasan lebih lanjut dari jenis-jenis komputasi modern sebagai berikut :

Mobile computing, bisa diartikan suatu teknologi yang memungkinkan adanya transmisi data melalui media komputer atau perangkat lain yang saling terkoneksi tanpa adanya koneksi langsung secara fisik.Perangkat umum yang digunakan pada Mobile computing antara lain :

  1. Portable computer
  2. Wearable computer
  3. Smart cards
  4. Mobile phones

Grid computing,  merupakan distribusi dari sejumlah komputer yang saling terkoneksi yang memiliki satu tujuan yang sama. Teknik komputasi ini biasa digunakan untuk melakukan perhitungan yang cukup kompleks, karena biasanya diterapkan pada suatu perusahaan, antar perusahaan, atau kolaborasi publik atau perusahaan melalui suatu jaringan. Untuk konektivitasnya pun biasanya ada suatu protokol tertentu yang harus digunakan.

Cloud computing, atau bisa disebut juga on-demand computing merupakan suatu teknik komputasi berbasis internet yang menyediakan layanan komputasi, dan pengolahan sumber daya yang dapat digunakan secara bersama dan dapat diakses menggunakan perangkat-perangkat yang berbeda melalui layanan jaringan berdasarkan mekanisme tertentu.

Cloud computing

Merupakan suatu model komputasi untuk memberikan kenyamanan dan on-demand akses jaringan untuk memanfaatkan secara bersama suatu sumber daya komputasi yang terkonfigurasi (misalnya jaringan, server, penyimpanan [Tradisional Harddisk, Network Storage SAN/NAS dll], aplikasi, dan layanan) dengan manajemen yang minimal dan  sumber dayanya bersifat abstrak (virtual) dan diberikan sebagai layanan di jaringan/internet melalui mekanisme tertentu.
Perbedaan konsep cloud computing dengan sistem yang lain  dapat kita lihat pada gambar berikut :

3 Model Layanan Cloud Computing

Software as a Service (SaaS), dari kata-katanya dapat kita analisa bahwa layanan yang diberikan oleh  model layanan cloud computing ini adalah software/aplikasi.

Platform as a Service (PaaS), sedangkan model layanan ini, layanan yang diberikan adalah sumberdaya yang diperlukan untuk membangun suatu aplikasi, tanpa harus mendownload atau menginstal perangkat lunaknya.

Infrastructure as  a Service (IaaS), layanan yang diberikan oleh model layanan ini adalah hardware atau segala sesuatu yang bisa dipakai untuk membangun cloud computing tersebut.

Cloud computing memiliki 5 karakteristik

On-Demand Self-Services, sebuah layanan cloud computing harus dapat dimanfaatkan oleh pengguna melalui  mekanisme swalayan dan langsung tersedia pada saat dibutuhkan. Campur tangan penyedia layanan adalah sangat minim. Jadi, apabila kita saat ini membutuhkan layanan aplikasi CRM (sesuai contoh di awal), maka kita harus dapat mendaftar secara swalayan dan layanan tersebut langsung tersedia saat itu juga.

Broad Network Access, sebuah layanan cloud computing harus dapat diakses dari mana saja, kapan saja, dengan alat apa pun, asalkan kita terhubung ke jaringan layanan. Dalam contoh layanan aplikasi CRM di atas, selama kita terhubung ke jaringan Internet, saya harus dapat mengakses layanan tersebut, baik itu melalui laptop, desktop, warnet, handphone, tablet, dan perangkat lain.

Resource Pooling, xebuah layanan cloud computing harus tersedia secara terpusat dan dapat membagi sumber daya secara efisien. Karena cloud computing digunakan bersama-sama oleh berbagai pelanggan, penyedia layanan harus dapat membagi beban secara efisien, sehingga sistem dapat dimanfaatkan secara maksimal.

Rapid Elasticity, sebuah layanan cloud computing harus dapat menaikkan (atau menurunkan) kapasitas sesuai kebutuhan. Misalnya, apabila pegawai di kantor bertambah, maka kita harus dapat menambah user untuk aplikasi CRM tersebut dengan mudah. Begitu juga jika pegawai berkurang. Atau, apabila kita menempatkan sebuah website berita dalam jaringan cloud computing, maka apabila terjadi peningkatkan traffic karena ada berita penting, maka kapasitas harus dapat dinaikkan dengan cepat.

Measured Service, sebuah layanan cloud computing harus disediakan secara terukur, karena nantinya akan digunakan dalam proses pembayaran. Harap diingat bahwa layanan  cloud computing dibayar sesuai penggunaan, sehingga harus terukur dengan baik.

Contoh aplikasi yang menerapkan konsep Cloud computing

Salah satu aplikasi berbasis cloud computing yang paling mudah diperhatikan dan sering kita gunakan adalah Gmail, yaitu aplikasi penyedia layanan email milik Google. Model aplikasi tersebut merupakan PaaS ( Platform as a Service ), karena dapat digunakan dan diakses diberbagai platform dan berbagai perangkat berbasis komputer.

Contoh aplikasi lain :

  • Microsoft Azure
  • Microsoft OfficeLive
  • Salesforce
  • Google Docs, Google Drive, Gmail
  • Dropbox
  • Amazon EC2
  • IBM Cloudburst
  • Joyent Accelerator

Contoh perusahan penyedia layanan cloud computing

Salah satu perusahan yang paling terkenal dalam menyediakan layanan cloud computing didunia adalah VMware, Inc. Perusahaan asal Amerika ini menyediakan layanan cloud, dan virualization software and service. Didirakan pada tahun 1998, oleh Diane Greene, Mendel Rosenblum, Scott Devine, Edward Wang dan Edouard Bugnion.

Produk-produk keluaran VMware antara lain :

  • VMware Fusion
  • VMware vSphere
  • VMware Server
  • VMware vRealize
  • VMware vCloud Air
  • VMware Workstation
  • VMware VSAN

 

Sumber referensi :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s