Grid Computing

Merupakan salah satu jenis dari komputasi modern. Bisa dibilang bahwa grid computing itu sendiri adalah suatu infrastruktur dari komputasi yang terdistribusi dan secara fisikk terpisah secara geografis yang bertujuan dalam melakukan komputasi berskala besar dengan memanfaatkan sumber daya yang ada.

Pada grid computing, sumber daya yang digunakan berada dalam satu cakupan domain administratif.

Infrastruktur dari grid computing itu sendiri tersusun dari perangkat keras dan perangkat lunak, dimana kedua jenis perangkat tersebut saling terkoneksi melalui satu jaringan dan protokol yang sama, sehingga kedua jenis perangkat dapat berbagi dan mengelola sumber daya yang terdapat dalam satu cakupan domain yang sama.
Contoh aplikasi

UNIVA Grid Engine

Univa Grid Engine adalah sistem manajemen sumber daya terdistribusi yang terkemuka, berfungsi dalam mengoptimalkan sumber daya di ribuan pusat data secara transparan dengan memilih sumber daya yang paling cocok untuk setiap segmen pekerjaan.

Software Grid Engine ini dapat mengelola beban kerja secara otomatis, memaksimalkan sumber daya bersama dan mempercepat penyebaran setiap kontainer, aplikasi atau layanan dalam lingkungan teknologi, on-premise atau di awan.
Perusahaan yang menggunakan Grid Computing

Cloudera logo tag rgb.png

Cloudera merevolusi manajemen data perusahaan dengan menawarkan Platform terpadu pertama untuk Big Data, sebuah hub data perusahaan yang dibangun di atas Apache Hadoop. Cloudera menawarkan perusahaan satu tempat untuk menyimpan, mengolah, dan menganalisis semua data mereka. Univa Grid Engine terintegrasi dengan Cloudera untuk membuat kolam sumber daya yang mendukung Hadoop.

 

Perbedaan dan persamaan antara Mobile, Grid dan Cloud computing

Perbedaan Mobile, Grid dan Cloud computing :

  • Mobile computing menggunakan teknologi mobile untuk menjalankannya seperti handphone, carputer dan ultra mobile PC, sedangkan grid dan cloud computing menggunakan PC pada umumnya untuk menjalankannya.
  • Biaya untuk pengadaan energi bagi mobile computing cenderung lebih mahal dibanding grid dan cloud computing apabila tidak ada sumber daya listrik karena membutuhkan sumber daya pengganti yaitu baterei.
  • Mobile computing tidak terlalu membutuhkan tempat yang besar untuk mengoperasikannya dibanding grid dan cloud computing karena cenderung portable dan mudah dibawa kemana saja.
  • Pada mobile computing, proses komputasi cenderung dilakukan sendiri oleh user. Pada grid computing, proses komputasi dilakukan terpusat maupun tidak terpusat dimana consumer membutuhkan discovery server. Pada cloud computing, proses komputasi membutuhkan ASP dan internet sebagai media penghubung.

Persamaan Mobile, Grid dan Cloud Computing :

  • Ketiganya merupakan metode untuk melakukan proses komputasi dan memecahkan sebuah masalah serta menemukan solusinya
  • Ketiganya membutuhkan alat pengolah data modern seperti PC,laptop maupun handphone untuk menjalankannya.

 

Referensi :

https://madluke.wordpress.com/2011/04/15/grid-computing/

http://www.univa.com/

https://en.wikipedia.org/wiki/Cloudera

http://www.bio-itworld.com/2012/02/15/which-grid-engine.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi_grid

http://thesaprol.blogspot.co.id/2014/06/tugas.html

https://4d1kurn14.wordpress.com/2010/04/23/perbedaan-dan-persamaan-mobilegrid-dan-cloud-computing/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s